Home Content Management System (CMS) Mengenal CMS, teknologi Web untuk Semua
formats

Mengenal CMS, teknologi Web untuk Semua

CMSCMS, banyak sekali website yang saat ini membahas tentang CMS. Banyak yang berfikiran bahwa CMS menjadi seorang programmer menjadi malas, mudah membuat, hanya klik-klik saja langsung selesai, jadi sebuah website mewah, dan lain-lain. Nah disini ane mau meluruskan bahwa itu adalah pemikiran yang salah. Dengan adanya artikel ini semoga bisa menjadi penuntun bahwa CMS lebih powerfull lebih dari yang kita ketahui.

content-management-system-CMSOk, pertama ane coba jelaskan bahwa CMS adalah sebuah system, CMS sendiri singkatan dari Content Management System. Dalam bahasa indonesia menjadi sistem manajemen konten. CMS atau SMK memberikan kemudahan kepada penggunannya dalam mengelola dan melakukan perubahan sebuah website dinamis tanpa harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang bersifat teknis. Sehingga diharapkan setiap orang bisa menggunakannya tanpa memandang status pekerjaan, dasar ilmu, title, dan lain-lain.

Content Management System terbentuk dari dua bagian atau elemen utama, yaitu CMA dan CDA. Elemen CMA singkatan dari Content Management Application, yaitu sebuah elemen dimana administrator yang tidak memiliki keahlian teknis dapat melakukan perubahan, penambahan, penghapusan atau modifikasi sisi dari suatu website. Sehingga masalah teknis seperti kesalahan kode, link hilang, page not found, dan lain-lain bisa diminimalisir, namun tidak menutup kemungkinan si administrator dapat mengubah bentuk melalui source code apabila mengerti bahasa pemrograman. selanjutnya adalah CDA, yaitu Content Delivery Application. Elemen ini berguna untuk menghimpun informasi-informasi perubahan yang telah dilakukan tadi dan diimplementasikan ke dalam website. sehingga terjadi perubahan atau update pada website.

 

Dewasa ini banyak sekali CMS yang bisa digunakan baik itu open source atau bersifat terbuka, atau purchase.

macam-cms

Nah, disinilah banyakorang menggangap CMS menjadikan sebuah momok bahwa website itu saat ini bukan lagi sebuah patokan keahlian seorang programmer, mereka yang baru belajarpun bisa membuat website. Pada dasarnya, CMS bisa membuat kita (programmer atau developer) membantu menambah wawasan bagaimana bentuk dan struktur yang baik dalam sebuah website, bagaimana bentuk RDBMS yang dibuat, function yang dipakai, mengenal lebih dekat dengan AJAX, dan lain-lain. Banyak sekali ane temukan para programmer yang membedah CMS untuk dijadikan sebuah referensi untuk membuat website yang lebih baik.

Bukankah banyak CMS menjadikan banyak referensi untuk pembelajaran ?, nah, kembali lagi kepada diri kita bagi seorang programmer atau developer, untuk apakah CMS tersebut, apa hanya sekedar digunakan untuk membangun website lalu dipamerkan atau menganggap CMS itu sebuah terobosan teknologi dunia web programming ?

 

Randi Sunarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>