Home Umum Berkenalan dengan Data, Informasi, dan Pengetahuan
formats

Berkenalan dengan Data, Informasi, dan Pengetahuan

Published on July 16, 2012, in Umum.

sebagian orang pasti sudah mengerti apa itu data, apa itu informasi, dan apa itu pengetahuan. namun akan menjadi membingungkan bagi yang masih tahap belajar (kaya ane . ^^). disini ane coba jelasi apa itu data, informasi dan pengetahuan.

 

data adalah sekumpulan fakta-fakta terungkap yang terjadi dari suatu kejadian sehari-hari. jadi data menjadi sangat dekat dengan kita, data bisa ditemukan dimana-mana, mulai dari perkantoran, perkuliahan, tempat usaha, dan lain-lain. Menurut wikipedia data adalah catatan atas kumpulan fakta.

kalau informasi adalah sekumpulan data-data yang telah diolah melalui teknik dan perhitungan tertentu menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Informasi bisa berbentuk catatan, gambar, diagram, dan lain-lain.

Sedangkan Pengetahuan adalah sebuah informasi yang dimanfaatkan pada bidang tertentu dengan menggunakan teorema dan landasan yang disahihkan sehingga menjadi suatu pokok pengetahuan. sehingga pada dasarnya, pegetahuan adalah berupa informasi-informasi yang telah ada lalu diolah sedemikian rupa melalui penelitian, perhitungan, perbandingan, dan penalaran. Pada akhirnya terciptalah sebuah nilai dari informasi tersebut. itulah yang disebut pengetahuan.

 

yuph kurang lebih seperti itu penjelasan tentang data, informasi, dan pengetahuan. Semoga bisa dijadikan sebuah pemahaman dasar. see you ^^..

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>