Home Teknik Hacking Membedakan Encoding dan Encryption
formats

Membedakan Encoding dan Encryption

Enkapsulasi, pemaketan data dan pengiriman data menjadi proses yang selalu terjadi di dalam lalu lintas data. Setiap data yang dikirim dan diterima harus diketahui bentuknya, entah itu decode atau enkripsi. nah disini ane mau menjelaskan apa perbedaan keduanya itu, agar teman-teman tidak bingung ketika penyebutan suatu metode. Termasuk encode atau enkripsi.

Pertama-tama ane akan jelaskan dulu apa itu keduanya, sehingga mudah untuk dicerna bagaimana perbedaannya.

Enkripsi dan Deskripsi

Di bidang kriptografienkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikanintegritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer. (wikipedia)

Didalam enkripsi, terdapat istilah chiper. cipher adalah sebuah algoritma untuk menampilkan enkripsi dan kebalikannya dekripsi, serangkaian langkah yang terdefinisi yang diikuti sebagai prosedur. Alternatif lain ialahencipherment. Informasi yang asli disebut sebagai plaintext, dan bentuk yang sudah dienkripsi disebut sebagai chiphertext. Pesan chipertext berisi seluruh informasi dari pesan plaintext, tetapi tidak dalam format yang didapat dibaca manusia ataupun komputer tanpa menggunakan mekasnisme yang tepat untuk melakukan dekripsi. Disini ane tidak menjelaskan chiper secara gamblang, hanya sebagai pengantar supaya lebih paham.

Cipher pada biasanya memiliki parameter dari sebagian dari informasi utama, disebut sebagai kunci. Prosedur enkripsi sangat bervariasi tergantung pada kunci yang akan mengubah rincian dari operasi algoritma. Tanpa menggunakan kunci, chiper tidak dapat digunakan untuk dienkirpsi ataupun didekripsi.

Deskripsi adalah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

Dalam keilmuan, deskripsi diperlukan agar peneliti tidak melupakan pengalamannya dan agar pengalaman tersebut dapat dibandingkan dengan pengalaman peneliti lain, sehingga mudah untuk dilakukan pemeriksaan dan kontrol terhadap deskripsi tersebut. Pada umumnya deskripsi menegaskan sesuatu, seperti apa sesuatu itu kelihatannya, bagaimana bunyinya, bagaimana rasanya, dan sebagainya. Deskripsi yang detail diciptakan dan dipakai dalam disiplin ilmu sebagai istilah teknik. (wikipedia)

Lalu apa itu encoding/decoding ?

encoding adalah aturan untuk mengubah suatu informasi (sebagai contoh, suatu suratkata, atau frasa) menjadi bentuk atau representasi lain, yang tidak harus dalam bentuk yang sama. Dalam komunikasi dan pemrosesan informasipengkodean atau penyandian (encoding) adalah proses konversi informasi dari suatu sumber (objek) menjadi data, yang selanjutnya dikirimkan ke penerima atau pengamat, seperti pada sistem pemrosesan data.

Sedangkan Pengawakodean atau pengawasandian (decoding) adalah proses kebalikannya, yaitu konversi data yang telah dikirimkan oleh sumber menjadi informasi yang dimengerti oleh penerima. Kodek (codec) adalah penerapan aturan atau algoritma untuk penyandian dan pengawasandian (sebagai contoh MP3) yang dapat berupa penerapan pada sisi perangkat keras maupun perangkat lunak, dan mungkin pula melibatkan kompresi data. (wikipedia)

Setelah mengahui keduanya, mari kita bedakan diantaranya. Bagaimana caranya ?

Menurut salah satu forum menyebutkan,

Encoding adalah mengubah cara bagaimana data disajikan
- Menggunakan, publik secara umum dipahami, dan (biasanya) overhead rendah metode
- Untuk tujuan memungkinkan data untuk bertahan utuh dan mudah dipulihkan setelah semacam transfer.

Enkripsi adalah mengubah cara data disajikan
- Menggunakan metode atau kunci yang dibatasi dan (seperti yang terjadi) sering komputasi intensif
- Untuk tujuan melindungi data dari beberapa orang sementara membuatnya tersedia untuk orang lain.

Singkatnya, pengkodean adalah untuk pelestarian, enkripsi adalah untuk kebingungan.

Nah disini mari kita cari tau..

terdapat kata “RANDI SUNARSA”, terdapat chiper hasil = (a+b)-c ->a=genap b=ganjil c=a+b/2, dan terdapat tabel ASCII.

DECODE / ENCODE

randi sunarsa dalam tabel  ASCII hexa akan berubah menjadi 52414E44492053554441525241 *mudah-mudahan gak salah =)*, nah untuk decode tinggal melihat ASCII CODE hexa maka akan muncul kembali kata RANDI SUNARSA. atau dengan menggeser satu alfabet ke kanan menjadi SBOEJ TVOBSTB. 52414E44492053554441525241 dan SBOEJ TVOBSTB adalah sebuah encode.  Mudah bukan ?

ENKRIPSI / DESKRIPSI

randisunarsa akan ane ubah dulu ke ASCII decimal, 826578687383857885828365. Lalu ane enkrip  dengan chiper (a+b)/c, menjadi  ((82+78+68+78+82)+(65+73+83+85+85+83+65))/463,5 dan hasilnya adalah 2. 2 adalah hasil enkripsi. Untuk mendeskripsi, si penerima pesan juga harus memiliki chiper dan tabel ASCII.

Kira-kira seperti itulah perbedaannya. Bagaimana ? sudah mengerti perbedaan encode dengan enkripsi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>