formats

Installasi CMS Joomla

Kali ini ane mau share bagaimana cara instal CMS Joomla. Apa itu CMS ..?? Silakan cari tau sendiri ya, atau klik disini ajaa Pengertian CMS .

Joomla adalah salah satu dari puluhan berbagai jenis cms yang cukup terkenal. dan cukup banyak juga yang menggunakan. Nah ane akan sharing ke teman-teman gimana cara install cms itu supaya bisa kita pakai untuk web kita. Oke, langsung ajaa ..

1. Download berkas installer cms joomla, disini.

2. ekstrak di folder baru, contohnya ane ekstrak di folder joomla pada web offline.

3. buka localhost/namafolder, contoh http://localhost/joomla/

4. Akan muncul tampilan utama untuk memulai installasi cms joomla. seperti dibawah ini, pilihan awal adalah bahasa untuk installasi.

5. Selanjutnya,  referensi atau informasi tentang setting web server dan versinya.

 

6. Selanjutnya adalah Persetujuan ijin. Dan pastinya bahasa inggris bukan bahasa gaul, hehe .. silakan dibaca kalo penasaran, saran aje next ajaa .. hihi ^^..

 

 

7. Selanjutnya adalah setting database, disini buatlah sebuah database kosong yang nantinya berguna untuk menyimpan file konfigurasi joomla. Disini ane buat database dengan nama joomla.

 

8. Selanjutnya adalah setting untuk FTP, jika anda memerlukan FTP untuk website anda, silakan masukan username dan pasasword. Terdapat pemberitahuan untuk melewati menu ini, karena banyak pengguna yang melewatinya.

 

9. Selanjutnya adalah informasi tentang website. Seperti nama website, emai, password untuk masuk ke administrator, dan Sample data untuk contoh kontent

10. Selesai … teman-teman telah berhasil install cms joomla di web server lokal. Terakhir adalah pilihan untuk hapus direktory installasi joomla.

 

gimana ..??, mudah kan .. silakan dicoba sendiri ya .. langkah-langkah ini sama ketika teman-teman mencoba instal cms joomla lewat auto-installer atau fantastico, atau apalah bahasanya di web hosting kalian .. ^^..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>