Home Umum Membedakan Domain, Parked Domain, Sub Domain, dan Addon Domain
formats

Membedakan Domain, Parked Domain, Sub Domain, dan Addon Domain

Published on August 9, 2012, in Umum.

assalamu’alaikum, akhirnya ane bisa posting lagi di blog ini. Sempet ditinggalkan karena ane harus menunaikan kewajiban penting di dunia nyata dan mengurus migrasi domain ini, randisunarsa.web.id.

alhamdulillah, semua berjalan sesuai harapan.. dan ane bisa posting lagi. ^^..

Kali ini, ane mao sharing tentang Domain. Untuk developer pemula pasti selalu berkutat di hosting, ftp, cpanel dan lain-lain. Namun ada yang aneh di hosting temen-temen, ada pilihan sub domain, parked domain, dan addon domain. itu apa yaa ..??

yuph, disini akan ane bahas satu per satu ..

1. Domain
Adalah sebuah nama indentitas dari sebuah web. sebuah web pastinya memiliki nama domain sebagai ciri khasnya. domain selalu di “gandeng” dengan sebuah nama hosting. Domain memiliki tingkatan dan fungsinya masing-masing. semua digolongkan dari fungsionalitas domain itu sendiri. Mulai dari pemerintaan, bisnis, pendidikan, penelitian, organisasi, dan lain-lain. Setiap negara juga memiliki nama domain-nya masin-masing. contoh : randisunarsa.web.id, randisunarsa adalah nama hosting, web.id adalah nama domain personal yang menandakan bahwa domain tersebut dari indonesia. karena domain untuk indonesia adalah .id

2. Subdomain
subdomain merupakan “adik” dari domain. Subdomain berada di dalam domain itu sendiri. Subdomain adalah layanan ang dapat digunakan pada setiap hosting untuk membuat web baru didalam web yang sudah ada. Subdomain menjadi alternatif yang efisien dalam menciptakan web baru. Selain kita tidak usah membeli domain lagi, kita juga perlu menyewa hosting baru. contohnya adalah blog ini, blog.randisunarsa.web.id adalah subdomain dari randisunarsa.web.id. Teman-teman dapat membuat subdomain sesuai keinginan dan kebutuhan.

3. Parked Domain
Untuk yang satu ini cukup jarang user internet yang mengerti akan kegunaannya, karena selain kurang dibutuhkan juga kurang berperan penting dalam web (kecuali untuk web dengan tujuan tertentu). Parked Domain merupakan istilah yang memungkinkan kita dapat “memarkirkan” sebuah domain dengan domain yang lainnya. misal teman-teman memilki 2 buah domain, domain1.com dan domain2.com. teman-teman mau membuat parked domain di domain2 ke domain1, sehingga apabila ada pengunjung yang membuka situs domain2.com maka yang akan muncul adalah domain1.com, dengan url domain2.com. Hal ini mirip dengan teknik URL cloaking. Namun URL Cloacking menggunakan 1 web saja.

4. Addon Domain
untuk Addon Domain, hampir mirip dengan parked domain. jika pada parked domain kita memanipulasi domain, di addon domain kita memanipulasi hosting. Misal ada 2 domain, domain.com dan blog.domain.com. Addon domain berarti, jika ada yang mengakses domain.com maka akan tampil blog.domain.com , Hal ini karena adanya addon domain dimana isi file dari folder hosting blog.domain.com akan terbaca sehingga muncul pada domain domain.com.

Sampai disini sudah mengerti tentang keluarga domain ..?? Jika ada pertanyaan silakan tulis di komentar .. ^^..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>