Home Teknik Hacking Bagaimana peretas masuk ke website kita .. ???
formats

Bagaimana peretas masuk ke website kita .. ???

Published on November 9, 2012, in Teknik Hacking.

Website adalah salah satu media tanpa batas. website yang selalu menjadi simbol keberadaan dan ciri khas. Karena itu, website menjadi sarana penting bagi semua orang dengan berbagai macam tujuannya. Sekarang ini banyak netter (sebutan bagi pengguna internet) yang sudah memiliki website sendiri. mulai dari blog, cms, sampai framework. Juga memiliki berbagai macam fungsi.

Website sudah ada dari sejak lama. Dulu website dipergunakan sebagai sarana promosi, profil perusahaan, penyampaian berita, dan untuk pemerintahan. Seiring berjalannya waktu, perkembangan website cukup cepat, sampai saat ini website pribadi pun sangat banyak sekali.

Namun tidak semua orang memiliki tujuan yang sama. Tidak semua orang menggunakan internet sebagai media penyebar informasi. Banyak kelompok tertentu yang memanfaatkan ini sebagai “makanan”nya. Bukan berarti mereka hobi makan website,.. hehehe..

Dunia maya atau internet tidak lepas dari namanya kejahatan atau istilah kerennya, cybercrime. Sama seperti dunia nyata, yang selalu saja ada kejahatan setiap hari, begitupun di dunia maya. Termasuk didalamnya adalah website. Nah, yang menjadi pertanyaan bagaimana mereka bisa masuk ke”rumah” kita..??

Seorang maling motor, menjadi sangat lihai mencuri motor, karena mereka mempelajari seluk beluk (teknik) dari motor tersebut. Mulai dari system penguncian, model motor, kelengkapan, kelayakan jalan, waktu pencurian, posisi motor yang dapat dicuri, dan lain-lain. Tanpa itu semua mustahil mereka dapat melenyapkan motor sesaaat, bayangkan ada yang hanya butuh 2 menit. Wowww..

Tidak berbeda jauh dengan peretas, entah itu white hacker atau black hacker. Mereka tidak serta merta bisa menerobos website kita begtu saja. Dibutuhkan sebuah teknik untuk dapat masuk ke dalam “rumah”. Bisa dari pintu depan, tengah, samping, bahkan menerobos dari belakang.

Bingung..???, Oke, akan kita bahas…

Perhatikan gambar denah rumah berikut.

Ada yang aneh dengan contoh gambar denah diatas ?, kalau tidak ada yang aneh, berarti anda normal. hehe.. Sepintas memang biasa saja, tidak menjelaskan apa-apa, hanya sebuah denah rumah sederhana. Namun ini menjadi sarana kita untuk belajar membobol website, hehe.. serius amat.. =)

Bagi anda yang memiliki website dinamis dengan halaman admin, nah itulah halaman depan rumah anda yang disebut SSH. Pasti anda harus memasukan beberapa kata sandi untuk dapan masuk ke halaman admin. Seseorang yang datang harus memiliki key yang valid untuk dapat dikenali punya rumah, entah itu saudara anda atau bukan. Karena otentikasi terletak pada key tersebut (maksudnya, hubungan kekerabatan anda dengan si punya rumah, misal saudara, teman, tetangga). Pada bagian ini, semua orang dapat mengunjungi, seperti pintu depan rumah yang semua orang dapat datang. Setelah kita dikenali, maka kita dibawa keruang tamu (dalam website, anda akan dibawa ke halaman admin). Namun ingat, pastinya gerak-gerik anda akan terbatas, seperti kita bertamu kerumah orang, tidak bisa seenaknya masuk ke kamar, dapur, dan lain-lain. Kecuali kalau ingin di usir.. hehe..

Selanjutnya adalah pintu samping. Kegunaan pintu samping dalam sebuah rumah adalah sebagai jalan keluar masuk dari atau kerumah tanpa mengganggu tamu yang didepan rumah. Pintu samping menjadi lebih penting dari pintu depan karena terhubung langsung ke ruang tengah, dapur, dan lain-lain. Sehingga apabila ada yang masuk melalui pintu samping maka dia bisa lebih leluasa melakukan sesuatu dirumah tersebut. Dalam website, bagian ini disebut CPanel. CPanel atau Control Panel adalah bagian dari website yang berfungsi mengkonfigurasi website, mulai dari tata letak, database, domain, backup, dan lain-lain. Semua bisa dilakukan disini.

Banyak perampok yang melakukan aksinya melalui atap, atap adalah bagian atas rumah yang berfungsi menutupi dan melindungi rumah dari panas dan hujan. Atap adalah bagian yang penting karena melalui atap, seseorang bisa melihat langsung struktur bagunan, letak-letak kamar, perabotan-perabotan, dan isi dari rumah tersebut. Dan untuk dapat mencapai atap, dibutuhkan sebuah kemampuan memanjat, dan lain-lain. Pada website, bagian ini disebut FTP. FTP adalah bagian dari website yang berfungsi untuk upload dan download file secara langsung, karena FTP menggunakan jalur khusus file dalam pengirimannya. Dengan FTP, seseorang bisa melihat struktur file, directory, dan seluk beluk didalamnya tidak terkecuali.

 

Nah, bagian ini adalah paling berani dan keren, menurut ane .. hehe..

Backdoor, atau pintu belakang. Pintu belakang adalah bagian yang paling vital pada sebuah rumah. Karena selain bisa masuk ke bagian-bagian rumah lain, yang berbahaya adalah pintu belakang bisa menjadi daerah keluar masuk orang tanpa diketahui si punya rumah …!!!, memang sekilas pintu belakang tidak terlalu berbahaya, karena tidak semua rumah memiliki backdoor. Namun hal tersebut tidak pengaruh lagi di dunia maya, termasuk WEBSITE ANDA. Apa alasannya ..??

Pada kenyataannya ternyata backdoor itu bisa dibuat pada sebuah website, tidak seperti rumah yang tidak mungkin kita buat pintu belakang dirumah orang. Kecuali pemilik rumah sendiri yang membuatnya, dan kita bisa masuk setelah pintu itu ada.

 

Sudah sejauh mana anda melindungi website anda ??

Randi Sunarsa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>