Home Database Kenalan yuk sama NoSQL ^^..
formats

Kenalan yuk sama NoSQL ^^..

Published on July 30, 2012, in Database.

assalamu’alaikum semua ..

kali ini ane mau bahas tentang NoSQL. Karena ini sangat penting di era big data teknologi, dimana semua media penyimpanan serba besar, puluhan giga, ratusan bahkan ribuan giga. Lalu apa hubungannya ? dan NoSQL itu apa ?

ok, ane langsung mulai ajaa .. NoSQL adalah sebuah Database Management Sistem yang bisa dibilang pengganti SQL. Kenapa ?, karena pada kenyataannya SQL tidak bisa lagi bermanipulasi dengan data yang segunung-gunung. Contoh, coba teman-teman pikirkan bagaimana bentuk database situs jejaring sosial seperti facebook yang setiap hari terus bertambah karena pengguna setia nya yang selalu narsis, hehe.. dengan banyak nya pengguna facebook dikali dengan update status + upload gambar + upload music + upload yang lain setiap harinya bagaimana bentuk database yang ditampung dan harus berapa besar storage yang digunakan. Tapi kita tidak akan membahas itu, =). yang kita bahas adalah bagaimana dengan management database nya .

NoSQL menjadi solusi untuk itu semua. Karena dalam NoSQL tidak ada lagi relationship, seperti halnya SQL. Selain itu untuk NoSQL juga tidak perlu mendeklarasikan type fieldnya, cukup hanya menuliskan nama fieldnya saja dan isinya. Penasaran ?

Metode-metode dalam NoSQL menyederhanakan proses yang terjadi dalam sistem basis data relasional. Penyederhanaan proses ini memungkinkan data direplikasi di banyak server secara mudah dan menjamin ketersediaan data. Namun di sisi lain, penyederhanaan proses ini memiliki beberapa efek samping. Beberapa metode tersebut mengurangi integritas data, satu hal yang dijamin oleh basis data relasional. Namun demikian, ada beberapa implementasi NoSQL yang juga telah menyediakan integritas data seperti basis data relasional.

Nah, sampe sini udah ngerti kan apa itu NoSQL ..?? Tunggu postingan ane selanjutnya ya tentang NoSQL yang lebih mendalam .. ^^..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>